menu

Jumat, 02 Desember 2016

AKHLAK MULIA DALAMKEHIDUPAN SEHARI-HARI


AKHLAK MULIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Sebagai insan Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tentu kalian dapat menunjukkan akhlak mulia dan memberikan contoh dan suri teladan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa memberikan tuntunan yang akan mendorong semua orang untuk mempunyai akhlak mulia. Berbuat baik dan benar sesuai dengan ajaran Tuhan atau pun peraturan hidup lainnya itulah yang disebut denganakhlakmulia.
1. Akhlak Mulia dalam Kehidupan Pribadi
Perilaku murid yang mencerminkan akhlak mulia dalam kehidupan pribadi di antaranya adalah perilaku disiplin dan tanggung jawab. Perilaku yang mencerminkan dan yang bertentangan dengan akhlak mulia bagi diri sendiri tentunya sudah kalian pahami. Hal yang perlu kalian lakukan adalah senantiasa meningkatkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan apa yang dilakukan seseorang saat sedang mengheningkan cipta!

2. Akhlak Mulia dalam Lingkungan Keluarga
Perilaku murid yang menunjukkan akhlak mulia dalam lingkungan keluarga, contohnya adalah menjaga kesopanan, kekeluargaan, dan keharmonisan keluarga.

3. Akhlak Mulia di Lingkungan Sekolah
Perilaku murid yang menunjukkan akhlak mulia dalam lingkungan sekolah, antara lain adalah menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Sebutkan perbuatan yang mencerminkan akhlak mulia lainnya di lingkungan sekolah.

4. Akhlak Mulia dalam Lingkungan Masyarakat
Perilaku murid yang menunjukkan akhlak mulia di masyarakat, antara lain adalah membantu sesama di lingkungan masyarakat. Sebutkan perbuatan lainnya.
Renungkan apabila Tuhan Yang Maha Esa memberimu umur 60 tahun. Perhatikan berapa lama aktivitas yang kalian lakukan selama umur kalian tersebut. Apabila sehari semalam kalian tidur 8 (delapan) jam, berapa lama kalian tidur? Berapa lama kalian berada di kendaraan untuk bersekolah dan beraktivitas? Berapa lama kalian melakukan sesuatu yang kurang berguna? Berapa lama kalian beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa? Penghitungan waktu itu mudah-mudahan dapat menggugah hati nuranimu agar dapat lebih banyak menggunakan waktu kalian untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar